Breaking News
Loading...
Saturday 2 May 2015

Info Post
Assalam mualaikum wr.wb
Saya sebagai penduduk desa Bojong Kokok tercinta, ingin memberikan info tentang asal mula terjadinya desa Bojong Kokok, Kec. Terisi, Kab. Indramayu.
Baik kita mulai saja ........ 
ASAL MULA DESA BOJONGKOKOK 

Diawali dari keberadaan 3 orang pejuang pada jaman penjajahan Belanda yang "sakti", mereka menjadi perburuan Belanda karena perlawanan yang dilakukan oleh mereka. ke 3 orang tersebut di ketahui sebagai AGRANTAKA, SUNANTAKA, dan KIWANANTAKA. Mereka melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda, dengan membawahi beberapa orang. Sehingga Belanda kerepotan... hingga memburu ketiga orang tersebut. dan memaksa ketiganya bersembunyi. 
Atas kesepakatan bersama ketiganya memutuskan untuk berpisah. dengan maksud memecah perburuan Belanda juga menggalang kekuatan baru. Dalam pelaksanannya ketiganya berpisah, AGRANTAKA bersembunyi ke arah desa Raja Singa, Sunantaka berpindah ke arah Tugu, dan Kiwanantaka sampai ke sebuah tepian sungai. 
Perlu di tambahkan kondisi saat itu keadaan wilayahnya masih berupa hutan /padang rumput. Dalam perjalanannya KIWANANTAKA berhenti ditepi sungai yang berkelok (dalam bahasa indramayu disebut BOJONG) yang begitu banyak ditumbuhi alang-alang, dikabarkan juga KIWANANTAKA mengupayakan kelokan sungai itu menjadi lurus. Lalu ia menetap disana. seiring berjalannya waktu, satu persatu beberapa orang yang menganggap KIWANANTAKA memilki sebuah kharisma, bergabung untuk serta menetap di tepi sungai tersebut
Dikabarkan pula KIWANANTAKA memilki seorang tangan kanan yang berpostur tubuh besar, dengan nama KIPANDEGA. Bersama-sama mereka membangun desa. Makin banyaknya pendatang maka menjadikan wilayah tersebut mulai di kenal, maka KIWANANTAKA menamai wilayah tersebut dengan sebutan BOJONGKOKOK. Yang memiliki 2 istilah yaitu BOJONG dan KOKOK. BOJONG berarti kelokan sungai dan KOKOK berarti tumbuhan alang-alang. Maka sejak saat iti wilayah tersebut di namakan desa BOJONGKOKOK.
Selesai ......... 

SEMOGA BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment